INFO

Posted by : berita kuliner Selasa, 14 November 2017

Akademi Pariwisata Majapahit – Baking Demo Jelly Glaze

v
Kreasi ‘Exotic Vanilla Cake’ Dengan Teknik Jelly Glaze
Baking demo mengusung materi tentang “Jelly Glaze” masih menjadi tranding topic di dunia pastry. Kepada mahasiswa kelas patiseri, Chef Otje Herman Wibowo, SE, M.Par menunjukan kepiawaiannya dalam membuat cake hias dengan teknik jelly glaze yang tampil cukup artistik. Seperti inilah antusias mahasiswa kelas patiseri saat mengikuti baking demo.
Penasaran’kan bagaimana chef Otje membuat cake dengan hiasan jelly glaze yang berkilau menyerupai cermin? Dengan sangat telaten dan hati-hati, Chef Otje mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan bahan-bahan untuk pembuatan cake jelly glaze. Kilaunya yang menyerupai cermin atau kaca ini ternyata berasal dari adonan jelly dan gelatin. Gelatin dan jelly yang dipadu cokelat dalam adonan tersebut berfungsi untuk memberikan efek cermin yang berkilau. Wow, meski sederhana cara membuatnya, tetapi bisa membuat hiasan yang mengkilau ini kelihatan unik dan menggemaskan.

Banyak varian cake yang dihias dengan jelly glaze, kali ini chef Otje mendemokan pembuatan ‘Exotic Vanilla Cake’ yang merupakan sebuah dessert manis yang didalamnya terdiri dari beberapa elemen, mulai dari vanilla sponge cake, Strawberry Cheesecake, dan White Chocolate Mousse, lalu dipercantik dengan lapisan jelly glaze diatasnya dengan warna-warna yang cerah. Semua elemen-elemen itu dijadikan satu menjadi sebuah bentuk cake yang cantik, hmmm…pasti citarasanya kaya sensasi. 
“Untuk membuat jelly glaze komposisinya dari cokelat, jelly, susu dan gelatin. Nah, yang penting diingat pada saat melarutkan gelatin, gunakan gelatin bubuk, lalu dilarutkan dengan air dingin dan aduk hingga tidak ada gumpalan.” jelas Chef Otje.
Dikatakan oleh Sella dan Yedda, tidak rugi belajar membuat cake hias jelly glaze, meski proses pembuatannya lama dan membutuhkan kesabaran tapi setelah melihat hasilnya, rasa lelah ini terbayarkan. Wah, pokoknya keren kalau lihat hasil demo kali ini.
Ingin lebih jauh lagi mempelajari materi pastry? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah kuliner di Surabaya yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk pastry. Jadi tunggu apalagi, banyak program-program pastry yang berkualitas dengan tema-tema yang menarik lainnya. *Upi
KampusAkademiPariwisataMajapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Majapahit Tourism Academy - Majapahit Tourism Academy - Powered by MATOA - Designed by Irvan -